cara mengukur baik buruk hubungan berpasangan

Jangan terlalu cepat menilai hubungan Anda bersama pasangan. Meskipun kerap kali bertengkar atau berselisih paham, tak berarti hubungan Anda lebih buruk dibandingkan pasangan lain. Begitupun sebaliknya, hubungan berpasangan tanpa berbeda pendapat, tak lantas mengartikan hubungan Anda baik-baik saja.

Lakukanlah latihan dengan melakukan perbandingan cara pasangan lain membangun hubungannya. Bagi Anda yang sudah menikah, latihan ini bisa membantu pasangan melihat kekuatan dan kelemahan pernikahan. Dengan berkaca dari cara pasangan lain menjalin hubungan, Anda bisa memperkuat ikatan dalam hubungan bersama pasangan.

1. Tuliskan empat pasangan yang Anda kenal
Anda dan pasangan masing-masing menulis empat pasangan yang berbeda. Tentu saja pasangan yang Anda kenal baik, termasuk bagaimana mereka membangun hubungan. Tuliskan dua pasangan dari hubungan pernikahan yang menurut Anda buruk. Lalu, dua lagi dari pasangan menikah dengan hubungan yang harmonis.

2. Diskusikan bersama pasangan
Setelah memilih nama pasangan, Anda memilih empat dan begitupun suami, lalu diskusikanlah hubungan pasangan menikah tersebut. Ungkapkanlah, apa yang membuat pasangan menikah tersebut berhasil dan tidak dalam hubungannya. Bahaslah secara detail. Contohnya, Anda menilai teman Anda dan suaminya menjalani pernikahan harmonis dan menyukai cara mereka menerapkan pola asuh kepada anak-anaknya. Atau katakan jika Anda tak menyetujui cara pasangan lainnya saling mencaci maki di depan banyak orang.

3. Bandingkan dengan hubungan Anda

Sekarang, cobalah diskusikan bagaimana hubungan Anda terkait masalah yang Anda kritik dari pasangan menikah lainnya. Posisikan diri Anda dan pasangan berada dalam situasi yang teman Anda alami. Lantas temukan caranya, bagaimana Anda dan pasangan mengatasi masalah seperti yang dialami pasangan menikah lain. Dari sini, Anda bisa menelaah sikap apa yang sebaiknya dihindari jika mengalami situasi sulit mencontoh konflik pada pasangan lain. Atau sebaliknya, ada perilaku positif dari pasangan lain yang merasa perlu Anda tiru dan terapkan dalam hubungan Anda bersama pasangan.

4. Kenali kekuatan Anda dan pasangan
Terakhir, cobalah bicarakan dan diskusikan bersama pasangan tentang kemampuan Anda berdua dalam menghadapi kesulitan. Ingat kembali, apakah Anda dan pasangan pernah berhasil melewati masa sulit yang kemudian menguatkan hubungan? Cara apa yang Anda pilih dan lakukan untuk mengatasi persoalan tersebut dan apakah Anda bersama pasangan merasa puas mencapai keberhasilan bersama? Dengan mengenali kemampuan Anda dan pasangan dalam menghadapi persoalan, ini akan membuat Anda merasa bangga terhadap hubungan yang telah dibangun bersama. Jika satu per satu persoalan ternyata berhasil Anda hadapi bersama pasangan, bukankah itu menjadi kekuatan untuk menghadapi berbagai masalah ke depan? Andalah yang bisa mengukurnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: